Advertise

Selasa, 11 Januari 2011

Simpul Pengikat Harness

Ada 2 simpul yang paling populer untuk mengikat tali ke harness.

1. Simpul Figure Eight Double (Bentuk angka delapan)
Semua pemanjat tebing harus tau simpul ini dan barangkali hampir 90% pemanjat tebing didunia menggunakan simpul ini pada saat mereka memanjat. Kalo kamu manjat dengan pemanjat yang enggak tau simpul ini, perlu dipertanyakan kemampuan pemanjat tersebut (jangan dijadikan partner buat manjat).

Kelebihan dari simpul ini adalah, simpul ini mudah untuk dipelajari dan mudah untuk dicek, simpul ini juga memiliki kekuatan 75-80%. Jadi simpul Figure Eight Double ini lebih kuat dibanding simpul Bowline.
Kelemahannya kalo kamu sering jatuh dan menggantung pada simpuul ini, setelah pemanjatan selesai maka simpul ini akan sangat erat dan susah dilepas. Ini bisa menjadi satu kelebihan kalo kamu memang masih terus memanjat dan ingin tetap terikat kuat dengan talinya. Satu cara melepas ikatan ini yaitu dengan memegang dua sisi angka delapannya masing-masing dengan tangan kanan dan kiri kemudian goyang-goyangkan kedua tangan tersebut keatas dan kebawah berulang-ulang seperti saat kita mau mematahkan/membengkokkan sebatang tongkat. Dengan cara ini biasanya simpul figure eight akan menjadi lentur dan lebih mudah dilepas.

2. Simpul Double Bowline
Kelebihan dari simpul ini lebih mudah untuk dilepas/diurai meskipun pemanjat jatuh berkali-kali dan mempererat simpul tersebut. Kelemahannya, belajar mengikat simpul ini tidak semudah mengikat simpul figure eight dan tidak sekuat simpul figure eight, kekuatan simpul ini 70-75%.
Agak sulit untuk mengecek benar tidaknya ikatan pada simpul ini. Sering-seringlah di cek terutama bagi mereka yang baru belajar mengikat simpul ini.

Usahakan selalu mengikat kedua simpul ini langsung ke lubang ikatan harness dan jangan menyambung simpul tersebut ke harness menggunakan karabiner. Bagaimanapun juga karabiner bisa gagal dan tidak berfungsi, apakah karena rusak atau kita lupa menguncinya. Kecuali saat kita melakukan rappling (turun memakai tali).

Ingat! setiap kali mengikat simpul sisihkan tali ekor (sisa) yang cukup panjang dan ikatlah simpul pengunci seperti simpul nelayan (fisherman's knot) atau paling tidak overhand knot. (simpul nelayan lebih disukai kerena lebih kuat dan tidak mudah lepas).

Penggunaan simpul Double Bowline untuk mengikat harness sudah tidak dianjurkan meskipun simpul ini aman dan masih sering digunakan untuk pembuatan jangkar pengaman (anchor).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar